IBX58219C4B0CE9E Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang dan Merawat Pompa
scroll to top

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang dan Merawat Pompa

Ammatoa – Toko-toko yang menjual pompa biasanya telah menyediakan berbagai macam pompa berkualitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, baik untuk kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan industri. Meski demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat memasang atau merawat pompa. Pompa yang memiliki kualitas baik namun jika tidak terpasang sempurna tentu tidak dapat memberikan performa yang maksimal. Inilah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat ingin memasang pompa atau merawat pompa:

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang dan Merawat Pompa

1. Pertama, Anda perlu memastikan daya listrik stabil. Daya listrik yang tidak stabil, tentu akan mempengaruhi kinerja pompa. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda menggunakan stabilizer untuk tegangan listrik.
2. Kedua, perhatikan penempatan pompa yang Anda pakai. Sebisa mungkin pompa diletakkan dekat dengan fluida yang akan dipindahkan. Misalnya, jika ingin memompa air dalam sumur, sebaiknya letakkan pompa sangat dekat dengan sumur atau di dalam sumur. Selanjutnya, lindungi pompa dari panas, hujan, dan genangan air karena hal ini akan berpengaruh langsung pada keawetan pompa dan mengurangi risiko kerusakan pompa.
3. Ketiga, letakkan pompa di tempat yang mudah terlihat. Ini akan memudahkan proses pemeriksaan dan perbaikan jika pompa mengalami masalah.
4. Keempat, perhatikan sistem perpipaan pompa. Kurangi jumlah tikungan pipa untuk mencegah
dari kebocoran sekaligus meminimalkan hambatan tenaga. Pasanglah klem-klem pipa dengan baik agar mesin tidak mengalami tekanan berlebihan.

Setelah Anda memasang pompa dengan baik dan benar, selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan cara merawatnya. Meski pompa yang Anda beli di toko jual pompa sudah berkualitas tinggi, tanpa perawatan yang tepat, pompa akan rentan dengan berbagai masalah dan kerusakan. Berikut ini beberapa cara merawatnya:

1. Hindari menempatkan steker terlalu banyak pada stop kontak pompa. Karena ini akan membebani listrik dan berpotensi menyebabkan panas dan menimbulkan kebakaran.
2. Hindari mengoperasikan pompa dalam kondisi kering atau tanpa air. Hal ini dapat merusak
motor dan memperpendek umur pompa.
3. Jangan menyelimuti pompa atau membungkus dengan apapun karena dapat menyebabkan kebakaran.
4. Lindungi pompa dari hujan dan sinar matahari langsung karena dapat menimbulkan kejut listrik dan merusak pompa.
5. Gunakan saringan pasir, jika pompa digunakan pada sumur yang lebih mudah terhisap
kotorannya.
Itulah hal penting yang wajib Anda perhatikan dalam memasang dan merawat pompa. Jika ingin membeli pompa, jangan lupa untuk melakukan harga jual pompa terlebih dahulu. Selain mencarinya di toko, Anda juga dapat membeli pompa lewat online melalui situs-situs terpercaya. Semoga bermanfaat!

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang dan Merawat Pompa
4 (80%) 3 votes

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan