IBX58219C4B0CE9E Inilah 10 wisata Pantai Bulukumba, Sudah Pernah Kesini?
scroll to top

Inilah 10 wisata bahari Bulukumba, Sudah pernah Kesini?

Ammatoa.com – Kabupaten Bulukumba terletak di bagian paling ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki luas sekitar 1.154,67 Km persegi juga memiliki letak strategis 4 dimensi yang terdiri dari gunung, dataran rendah, pantai, dan laut lepas membuat Bulukumba sangat kaya dengan potensi wisata baik alam, bahari, sejarah & budaya, agro maupun religi tersaji lengkap di Kabupaten yang terkenal dengan perahu pinisi hingga dijuluki “Butta panrita lopi” yang terjemahannya berarti “Tanah Ahli Perahu”.

wisata bahari Bulukumba
wisata bahari Bulukumba

wisata bahari Bulukumba

Untuk Wisata Bahari sendiri, Bulukumba hampir tidak pernah kehabisan destinasi yang eksotik dan keren untuk dikunjungi baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Media lokal, Regional, dan Nasional serta wisatawan banyak melirik Bulukumba karena keindahan dan eksotisme destinasi wisata bahari yang ada di pantai, laut, bawah laut dan pulau di Bulukumba.

Selain itu, industri perfileman Nasional juga telah banyak menggunakan destinasi bahari Bulukumba untuk set pembuatan film dan juga reality show dan acara acara tv nasional seperti : film badik titipan ayah, film pamali makan ikan pari, acara jejak petualang, si Bolang, jalan jalan men, my trip my adventure, mancing mania, serta masih banyak lagi program industri hiburan tanah air yang mengambil kawasan bahari Bulukumba sebagai set pembuatan acara.

Ada banyak destinasi wisata bahari di Bulukumba, namun berikut kami merangkumnya dalam 10 destinasi wisata bahari Bulukumba karena 10 destinasi ini merupakan destinasi yang paling keren menurut kami. yuk kita lihat satu satu.

1. Pantai Pasir Putih Bira

pantai bira

Pantai pasir putih bira terletak di kecamatan Bontobahari, anda perlu menempuh perjalanan sekitar 45 Km dari kota Bulukumba untuk sampai di tempat ini. Pasir putih Bira menawarkan pemandangan pasir putih yang indah, selain berenang, beragam permainan air bisa anda jajaki disini seperti banana boat, donut serta pemandangan sunset yang menawan di waktu petang.

2. Pantai Pasir Putih Bara

pantai bara

Pantai Bara terletak dibagian barat pantai bira, masih satu garis pantai dengan Bira namun disini anda bisa merasakan sensasi yang berbeda, karena ditempat ini cukup sepi dari pengunjung, sehingga anda bisa menikmati suasana pantai, berenang dan sunset seperti di pantai milik pribadi. keren kan?

3. Pulau Liukang

Pulau Liukang

Pulau Liukang merupakan sebuah pulau yang terletak di seberang pantai pasir putih bira, anda bisa berkunjung kesini menggunakan speed boat atau lebih seru lagi jika ramai ramai naik banana boat. Pulau liukang memiliki penangkaran penyu yang bisa anda nikmati saat berada disana dan juga spot snorkeling dan dive yang keren untuk anda yang suka menikmati keindahan alam bawah laut.

4. Pulau Kambing

Pulau kambing

Tak Jauh dari pulau liukang, Pulau Kambing adalah pulau yang tak berpenghuni namun sayangnya anda sulit untuk membangun tenda untuk berkemah disini tapi jangan khawatir, karena anda bisa menikmati keindahan bawah laut disini dengan coral dan biota laut yang keren keren semua tersaji disini. beberapa penyedia jasa speed boat di pasir putih Bira biasanya menawarkan anda paket ke pulau kambing dan Liukang.

5. Tebing Apparalang

Anda suka cliff jumping? tebing Apparalang adalah destinasi yang sangat pas buat anda, disini selain keindahan panorama pantai dan tebing anda juga bisa menikmati sensasi cliff jumping dari ketinggian kurang lebih 12-20 meter. let’s jump!

Appalarang

Apparalang terletak di desa Ara, kecamatan Bontobahari. untuk menuju kesini anda bisa menempuhnya menggunakan mobil ataupun motor menyusuri setapak beton dan rerimbunan pohon jati, tapi setelah melewati itu anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Apparalang banyak disebut mirip dengan raja ampat, nusa dua Bali. Pastinya, kesini saja ! hehehe

6. Pantai Lemo Lemo

pantai lemo lemo

Pantai lemo lemo masih berada di kecamatan Bontobahari, kecamatan yang memiliki warisan bahari yang sangat banyak di kabupaten Bulukumba. berbeda dengan beberapa pantai lainnya, pantai lemo lemo belum banyak terekspose keluar. Pantai lemo lemo menyuguhkan ketenangan dan kesejukan, dari luar anda akan disambut lambaian nyiur yang berbaris dan melewati kawasan pembuatan perahu di desa ini, di lemo lemo juga terdapat sebuah gua yang bernama gua lemo lemo yang berair sangat jernih, dahulu gua ini adalah bagian dari pantai namun karena adanya penyusutan wilayah pantai, akhirnya tempat tersebut menjadi gua. bentangan pantai yang luas, rindang pepohonan yang menyejukkan menjadikan lemo lemo sebagai destinai yang wajib dikunjungi.

7. Panrang Luhu

parang luhu

Sebelum sampai ke Bira, kita akan melewati pantai panrang Luhu disebelah kiri sebelum mencapai pelabuhan Bira. di pantai ini, jejeran pohon nyiur yang berbaris rapi dan rumah penduduk dengan arsitektur tradisional serta area pembuatan kapal phinisi dapat anda nikmati dalam sekali trip pantai Panrang luhu ini.

8. Pantai Kasuso

Pantai kasuso

Pantai kasuso terletak di desa Darubiah kecamatan BontoBahari, 45 KM dari ibukota Bulukumba. di pantai ini anda bisa menikmati panorama pantai yang berbeda dan pada musim angin timur, anda bisa menyaksikan masyarakat nelayan memperagakan keterampilan mereka menangkap ikan terbang atau ikan tuing tuing.

9. Pantai Samboang

pantai samboang

Jika beberapa pantai sebelumnya terletak di kecamatan bonto bahari, Pantai samboang terletak di kelurahan Ekatiro Kecamatan Bonto Tiro, 42 km dari kota Bulukumba. di pantai ini menyuguhkan keindahan pantai yang diapit oleh dua bukit di kiri dan kanannya, selain itu pantai samboang biasanya dijadikan tempat pelaksanaan festival budaya Dato Tiro.

10. Pantai Ujung

pantai ujung

sama halnya dengan pantai Samboang, Pantai ujung terletak di kecamatan Bonto tiro, untuk menuju ke tempat ini kita harus melalui jalan setapak sekitar 1 Km sebelum pantai samboang. pantai ini memiliki keunikan pada jembatan yang menuju ke pulau kecil di seberang pantai.

selain 10 destinasi wisata bahari Bulukumba tersebut, Bulukumba masih memiliki destinasi bahari yang lain seperti : pantai Marumasa, pantai Mandala Ria, dll.

Inilah 10 wisata bahari Bulukumba, Sudah pernah Kesini?
4.6 (92.22%) 18 votes

Tagged as: , , ,

One thought on “Inilah 10 wisata bahari Bulukumba, Sudah pernah Kesini?”

Tinggalkan Balasan