Category Archives: Suku

Lajang Tase, Makanan Khas Kajang kab Bulukumba Sulsel

AMMATOA.COM – Jika berbicara tentang Kajang, sebuah daerah di Bulukumba. Kalian pasti tertuju pada kawasan adat Ammatoa yang dikenal dengan pakaian serba hitam dan topi kain yang dililitkan di kepala dikenal atau Passapu’. Namun siapa sangka, sekisar 20 Km dari kawasan tersebut, terdapat sebuah daerah yang disebut Kassi yang juga sebagai lokasi tempat pelelangan ikan di Kajang. Di… Read More »

Tana Toa Kajang Pewaris Bumi Penjaga Hutan Bulukumba

AMMATOA.COM – Inilah salah satu suku yang berhasil mempertahankan tradisinya dengan baik di Pulau Sulawesi. Mendiami salah satu desa di pedalaman Kabupaten Bulukumba, di Provinsi Sulawesi Selatan, suku Kajang adalah daya tarik yang sulit dilewatkan saat Anda menyambangi “Bumi Pembuat Pinisi” (baca; Bulukumba). Suku Kajang hidup dengan cara tradisi ketat, dimana saat Anda menyambangi desa ini maka tidak… Read More »

Nganre Sassang: Ritual Sakral Suku Kajang, Beri Makan Bayangan Sendiri

AMMATOA.COM – Suku Kajang merupakan salah satu suku yang cukup dikenal di dunia. Selain kekuatan mistis yang dimilikinya, suku ini juga memiliki ragam budaya yang unik. Di antaranya, ritual memberi makan bayangan. Bagi masyarakat Kajang, ritual penolak bala tersebut dilakukan setiap tahun, tetapi pelaksanaannya tertutup, berbeda dengan ritual menguji kejujuran yang disebut ritual attunu panrolik yang memang digelar… Read More »

Pasang Ri Kajang, Kearifan Lokal Masyarakat Ammatoa (Bulukumba)

Ammatoa.com – Masyarakat Ammatoa merupakan salah satu masyarakat adat yang masih eksis ditengah ‘gempuran’ kapitalisme liberal dan merasuknya nilai-nilai ekstrimisme agama impor pada negeri ini. Mereka berdomisili di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya diwilayah Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Eksistensi masyarakat Ammatoa ditopang oleh keberhasilan mereka dalam mengelola ekosistem secara seimbang dan berkesinambungan. Keberhasilan itu tak dapat dilepaskan dari sistem… Read More »

Perjuangan Masyarakat Kajang dalam Mendapatkan Pengakuan Hukum

Ammatoa.com – Petuah Orang Kajang: Jagai linoa lollong bonena, Kammayatoppa langi’ka, rupa tau siagang boronga” Pasang ri Kajang ( Artinya: Jagalah dunia beserta seluruh isinya, langit, umat manusia dan hutan) Komunitas Masyarakat Adat Kajang adalah Komunitas adat yang terletak di bagian timur Kab.Bulukumba. Cikal bakal Masyarakat Adat Kajang dan wilayahnya tergambar dalam mitologi asal mula kemunculan To Manurung,… Read More »

Doti, Guna-guna Suku Kajang yang Mematikan, Benarkah demikian?

Ammatoa.com – Aku masih ingat waktu kuliah dulu ada temen yang ditaksir sama orang Sulawesi, terusnya ditanya macam-macam deh. Kaya mau didatengin kampungnya aja deh nanyanya, padahal alesannya konyol banget kayanya deh, supaya ga dipelet atau disantet. Hah? Emang katanya ngeri banget kalo ditaksir sama orang dari Sulawesi Selatan, harus hati-hati, jangan-jangan dia suku Kajang. Dulu sih selewat… Read More »