BULUKUMBA, AMMATOA – Kabar gembira bagi masyarakat Bulukumba. Utamanya masyarakat yang ada di kawasan Hutan Adat, Kecamatan Kajang. Jika tidak ada aral melintang, Presiden RI Joko Widodo, akan bertandang untuk peresmian Hutan Adat di Tana Toa Kajang.

Presiden RI, Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo

Hal tersebut disampaikan Bupati Bulukumba, AM Syukri Sappewali, dalam pidato sambutan penyerahan Rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD Perubahan Anggaran 2016.

“90 persen kemungkinan bapak Presiden RI Joko Widodo atau Wakilnya akan berkunjung di Bulukumba dalam rangka peresmian hutan Adat Kajang,” ungkapnya, Rabu (28/9/2016).

Bupati Bulukumba, AM Syukri Sappewali)
Bupati Bulukumba, AM Syukri Sappewali)

Hal senada disampaikan oleh Amran Syaukani, Humas Pemda Bulukumba kepada Rakyatku.com. Menurutnya, jadwal kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini direncanakan pada November mendatang. “Tapi kita masih menunggu jadwal kepastiannya dari istana,” katanya.

Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH) Siti Nurbaya telah melakukan kunjungan peninjauan langsung ke hutan adat Tana Toa dan Kawasan Ammatoa, 8 Agustus lalu. Pada kesempatan itu, Nur Baya menjanjikan Jokowi datang langsung meresmikan hutan adat ini.

Kini Sejumlah akses jalan menuju Lokasi Hutan Adat Tana Toa Kajang mendapat perhatian khusus Pemkab Bulukumba.

Ini merupakan salah satu persiapan menyambut kunjungan Presiden RI, Joko Widodo.

Humas Pemerintah Daerah (Pemda) Amran Syaukani, mengatakan segalanya telah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan orang nomor satu di RI itu.

“Jalur Desa Tana Toa dan jalur Malleleng Kecamatan Kajang dalam tahap pembenahan. Karena Pemkab menawarkan kedua desa tersebut sebagai opsi kepada protokoler presiden,” ungkapnya, Senin (10/10/2016).

Terkait waktu kedatangan Jokowi, Amran berpedoman terhadap jadwal yang diberikan pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Menteri Lingkungan
Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, berfoto bersama pemangku adat Ammatoa Puto Palasa di rumah kawasan Adat Ammatoa) Foto: Rahmatullah

Yakni minggu kedua akhir Oktober atau minggu kedua November ini. “Namun pemda masih terus berkoordinasi dan menunggu keputusan Kementiran LHK,” tutupnya.

Via: news.rakyatku.com

Presiden RI Akan Berkunjung ke Hutan Adat di Tana Toa Kajang Bulukumba
3.9 (78%) 10 votes